Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Mekanisme Pengembangan Kurikulum

  • Pengembangan kurikulum SD Marsudirini BSB Semarang melibatkan Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran dan Komite Sekolah serta Instansi UPT Disdikbud.
  • Melaksanakan workshop pengembangan kurikulum dengan melibatkan pengawas TK/SD sebagai nara sumber kegiatan.
  • Mereview dan merevisi Kurikulum Tahun Pelajaran sebelumnya.
  • Finalisasi kurikulum SD Marsudirini BSB Semarang
  • Melaksanakan kegiatan pemantapan dan penilaian atau telaah kurikulum dengan instrumen yang baku.
  • Tim pengembang mendokumentasikan pengembangan kurikulum.

Sistem Pendidikan di SD Marsudirini BSB

SD Marsudirini BSB  tahun 2022 termasuk sebagai Sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum Mandiri Berubah. Sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum Mandiri Berubah merupakan upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar PancasilaMengawali kegiatan pembelajaran tahun ajaran 2022-2023, SD Marsudirini BSB menggunakan 2 kurikulum dalam proses belajar mengajar. Adapun kurikulum yang digunakan meliputi:

  1. Kurikulum Merdeka Belajar berlaku untuk kelas 1 dan kelas 4
  2. Kurikulum 2013 berlaku untuk kelas 2, 3, 5, dan 6

Penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Marsudirini BSB, disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan pontensi daerah dengan menyelaraskan kondisi satuan pendidikan dan karakteristik peserta didik dalam satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, kurikulum operasional sekolah akan mengacu pada capaian pembelajaran yang telah disusun oleh pusat dan diterjemahkan dalam alur tujuan pembelajaran yang dikonkretkan dalam proses pembelajaran.